Artikel baru
recent

Antivirus memperlambat komputer!

Dunia perkomputeran semakin berkembang pesat, baik itu hardware maupun software. berbagai macam software bermunculan, baik itu yang di inginkan ataupun yang tiba-tiba ada di komputer (malware). dan jangan dilupakan, bahwa dunia ini bukan hanya milik orang baik, ada saja orang-orang yang cara berpikirnya berbeda dengan kita yang kadang menyusahkan kita dalam beraktivitas di depan komputer denga nmengirimkan kita virus.

ya, virus komputer itu tidak seperti virus yang kita pelajari dalam pelajaran Biologi. virus ini tidak bisa berkembang biak sendiri (tau tau ada). Virus ini diciptakan oleh orag genius tapi kurang kerjaan. virus telah dibekali kemampuan intelejen oleh penciptanya untuk menggandakan diri dan menyerang target tertentu dengan pola tertentu pula, sehingga komputer target menjadi lemas tak berdaya. untuk itulah kita membutuhkan antivirus.
Tapi kadang saya merasa heran, pernah dan bahkan sering saya menemukan komputer dengan pemilik yang overprotective. dalam komputernya di instal lebih dari 1 macam antivirus, padahal spesifikasi komputer juga tidak terlalu tinggi, dan pada akhirnya mengeluh bahwa komputernya lambat, nge-hank dan penyakit-penyakit yang lain. yang  perlu kita ketahui dan pahami adalah bagaimana kinerja antivirus, agar kita bisa memilih dan menggunakan antivirus dengan bijak.
cara kerja antivirus:
1. men-scan sistem secara menyeluruh
tipe kerja ini biasanya dilakukan ketika kita baru menginstall AV, untuk mendeteksi adanya virus pada komputer kita, maka downloadlah antivirus versi terbaru, sehingga data virus sudah terupdate. Kerja seperti ini juga terjadi ketika kita telah meng-update antivirus untuk membasmi virus varian baru.
efeknya kepada komputer kita adalah komputer kita menjadi lambat, karena AV harus bekerja keras "blusukan" ke setiap partisi hardisk yang kita miliki, semakin besar kapasitas hardisk,semakin lama pula proses ini.
2. bekerja di background
ketika kita membuka task manager (ctrl+alt+del), dibagian proses,disana akan terlihat program / aplikasi apa saja yang sebenarnya berjalan di komputer kita,termasuk virus,   banyak yang mempunyai tipe bekerja di belakang layar. karena kalo kerja di depan layar di tangkep sama yang pakai komputer.hehehe
3. update data virus
antivirus akan selalu berusaha memperbaharui data virus agar dapat menangkal virus-virus baru yang beredar, aktivitas ini tentu saja akan memakan memori komputer yang secara otomatis juga akan memperlambat kerja komputer. apalagi jika data sudah di update,maka secara otomatis akan bekerja di background untuk Full Scanning.
4. start up
ketika komputer pertama kali hidup, maka antivirus akan melakukan scanning awal di tempat penting, maka tidak heran ketika pertama kali hidup komputer agak sedikit lola, jadi sebaiknya anda biarkan beberapa saat,jangan langsung di paksa mengerjakan sesuatu, karena jika tidak maka Anda akan menjadi semaikin termotivasi untuk melakukan penjitakan komputer.hehehe 

jadi bisa di bayangkan, jika satu antivirus saja kerjanya seberat itu maka bagaimana jika ada beberapa antivirus pada komputer tersebut? apalagi jika ada virus terdeteksi, maka yang kemungkinan terjadi adalah saling berebut virus untuk dibasmi, siapa yang menang? apakah mereka akan berperang? saya tidak tahu pasti, mari bertanya pada rumput yang bergoyang. :D

jadi saran saya adalah, installah 1 antivirus saja yang ampuh, sehingga komputer Anda aman dari virus dan tetap lancar jaya bekerja ;)
Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

@begino. Powered by Blogger.